Rabu, 05 Juni 2013

Manfaat Biologi terhadap kemajuan teknologi

Seiring kemajuan teknologi , biologi memberikan manfaat terhadap kemajuan teknologi.
Biologi bermanfaat dala bidang  pertanian,bidang peternakan , bidang kedokteran , dan bidang industri.

  1. Manfaat biologi dalam bidang pertanian
  Beberapa contoh pemanfaatan biologi dalam bidang pertanian adalah sebagai berikut :
  • Dulunya para petani hanya menanam pertanian secara tradisional . Dengan kemajuan biologi dan teknologi, para petani sekarang telah mampu meningkatkan produksi  pertanian ,misalnya dengan bibit unggul dan dengan pola  pemupukan yang sesuai dengan jenis tanaman.
  • Melalui perkembangan bioteknologi dan biologi molekuler,  telah berhasil ditemukan rekayasa genetika untuk tanaman.Pengaplikasian yang sudah berhasil dilakukan adalah terciptanya tanaman budidaya yang mampu mengghasilkan insektisida. Contoh jenis tanaman pangan yang telah berhasil direkayasa dengan tujuan tersebut adalah tanaman buah apel,pir,kol/kubis,brokoli, dan kentang.
  • Dengan teknik kultur jaringan , tanaman dapat  dibudidayakan dalam waktu yang singkat dan jumlah yang banyak.Adapun contoh-contoh tanaman budidaya yang sudah berhasil diperbanyak dengan teknik kultur jaringan  antara lain kelapa sawit , anggrek , pisang , dan wortel.
  • Dengan berbekal genetika telah berhasil diciptakan buah-buahan tanpa biji . Misalnya semangka,pepaya,jeruk , dan anggur tanpa biji.
2. Manfaat biologi dalam bidang peternakan.

Dalam bidang peternakan pun biologi berperan penting terhadap peningkatan produksi hewan-hewan ternak.
  • Dengan kemajuan anatomi  hewan , fisiologi hewan , genetika,dan embriologi hewan telah berhasil ditemukan inseminasi buatan ( kawin suntik ).Teknik ini bertujuan untuk memperoleh hewan ternak dengan kualitas  yang diinginkan serta produksi yang meningkat.
  • Selain teknik  inseminasi , dewasa ini telah dikembangkan juga teknik fertilisasi in vitro. Pada teknik ini,embrio dapat dihasilkan di luar uterus ( kandungan ) induk betina dalam jumlah tertentu . Sebelum embrio bibit unggul diimplantasikan ( ditanam dalam uterus induk betina ) , embrio dapat disimpan dalam jangka wktu tertentu pada nitrogen cair bersuhu  196 derajat celcius.Embrio dari jenis unggul ini kemudian dapat diimplantasikan ke induk sapi betina yang tidak unggul dari spesies yang sama.Dengan demikian akan cepat diperoleh banyak sapi unggul.
3.Manfaat biologi  dalam bidang kedokteran
  • Transplantasi ( pencangkokkan ) organ telah memberikan   pemecahan masalah terhadap orang yang mengalami kerusakan organ tubuhnya.
  • Virologi telah memberikan sumbangannya  pada dunia kedokteran , dengan memndasari pengetahuan dalam usaha mnciptakan vaksin-vaksin.
  • Teknik bayi tabung telah memberikan pemecahan masalah bagi pasangan suami istri yang tidak memiliki anak.
  • Mikrobiologi kedokteran telah berhasil  mengindentifikasi beberapa jenis bakteri penyebab penyakit  pada manusia.Dengan demikian , antibiotik untuk bakteri tersebut dapat dibuat.
4.Manfaat Biologi dalam Bidang Industri
  • Pemanfaatan beberapa jenis mikroorganisme dalam industri makanan, misalnya industri pembuatan nata de coco , yoghurt , kecap , tempe , keju , atau minuman dan makanan fermentasi lainnya.
  • Pemanfaatan beberapa jenis mikroorganisme dalam industri obat-obatan  , misalnya industri pembuatan antibiotik tertentu.
semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi semua yang membutuhkan dan bila ada kesalahan mohon kritik dan sarannya  agar kedepannya penulisan  artikel yang  lebih baik sebelumnya.Call  me...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar